Desain Rumah Minimalis 2 Lantai yang Sedang Trend

Tipsdesainrumah.com – Desain rumah minimalis 2 lantai kini sangat digemari oleh masyarakat, terutama di daerah perkotaan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal tersebut disebabkan adanya permasalahan publik yakni pertumbuhan jumlah penduduk yang terus berkembang pesat. Sementara, harga properti tanah menjadi sangat mahal. Dengan membuat rumah menjadi 2 lantai, maka setidaknya ada 3 manfaat yang dapat Anda peroleh. Pertama, untuk meminimalkan biaya pembelian tanah. Yang kedua, Jika Anda memiliki anggota keluarga yang cukup banyak, maka penggunaan desain horizontal ini lebih memungkinkan. Manfaat ketiga, apabila Anda sedang menjalankan bisnis, maka lantai dasar dapat Anda gunakan sebagai ruang bisnis, dan bagian atas untuk tempat tinggal. Berbagai tipe rumah dua lantai dengan desain minimalis antara lain tipe 36, 45, 60, dan seterusnya.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Jika Anda tertarik untuk membuat desain rumah minimalis 2 lantai, maka ada beberapa hal yang harus Anda penuhi. Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah mengenai kebersihan  lingkungan sekitar. Karena desain ini memang merupakan solusi untuk pembangunan dengan ruang yang minim, maka Anda harus pintar-pintar mengatur desain eksterior sehingga tampak menarik dan tidak ruwet. Sebagai contoh, pintu masuk utama sengaja dibuat melalui sisi belakang rumah. Hal ini mungkin terdengar aneh, namun desain seperti ini akan nampak unik dan menarik.

Tak hanya desain eksterior, dalam pembuatan desain rumah minimalis 2 lantai, Anda juga perlu memaksimalkan fungsi perabot dan furnitur di dalam rumah. Hal ini dikenal dengan prioritas fungsional. Perabot, furnitur, bahkan ruang itu sendiri akan lebih baik jika menjadi elemen multifungsi. Jadi meskipun desain ini memperluas ruang secara horizontal, namun Anda tidak boleh menganggap bahwa bidang tersebut luas. Penghematan ruang dan memultifungsionalkan semua furnitur dan perkakas adalah cara cerdas untuk mewujudkan rumah 2 lantai yang terkesan lapang dan nyaman.



Seperti yang telah dibahas pada paragraf sebelumnya, bahwa pengoptimalisasian ruang juga sangat perlu dilakukan. Hal ini merujuk kepada penataan dan pembagian ruang pada masing-masing lantai. Untuk rumah lantai 2 yang diperuntukkan sebagai hunian saja, maka untuk lantai pertama berisi ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar mandi, dan garasi. Sedangkan untuk lantai kedua, terdiri dari ruangan tidur untuk masing-masing anggota keluarga, dan sedikit ruang balkon untuk tempat pengeringan. Untuk jumlah dan luas kamar, tentu Anda dapat menyesuaikan dengan kondisi tanah dan jumlah anggota keluarga Anda.

Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain rumah minimalis 2 lantai juga bisa untuk kepentingan bisnis. Hal ini berarti Anda memanfaatkan lantai pertama sebagai ruang bisnis. Anda bisa menggunakan desain tanpa sekat untuk lantai pertama. Hal ini akan menimbulkan kesan longgar pada ruang bisnis Anda. Dengan menggunakan lantai pertama untuk ruang bisnis, berarti resiko yang Anda tanggung adalah ruang untuk hunian menjadi sempit. Kejelian dan kreativitas dalam pengaturan ruangan akan membantu Anda untuk mendesain ruang dengan kesan longgar. Anda juga harus memaksimalkan furnitur dan perkakas yang  ada sebagai elemen multifungsional.

Bagaimana? Menarik bukan merancang rumah dua lantai dengan desain minimalis? Desain rumah minimalis 2 lantai akan menjawab permasalahan Anda tentang harga properti tanah yang terus meroket dari tahun ke tahun. Memiliki desain rumah dengan jenis tersebut juga akan membuat rumah Anda terkesan modern dengan budget yang tidak terlalu banyak asalkan memiliki penataan ruang dan furnitur yang tepat.

Artikel Terkait untuk Desain Rumah Minimalis 2 Lantai yang Sedang Trend