Desain Taman Belakang untuk Rumah Minimalis Anda

Tipsdesainrumah.com – Taman merupakan aspek eksterior rumah yang seringkali ditemukan bukan hanya pada rumah klasik melainkan juga rumah modern. jika anda ingin memiliki taman, maka anda bisa menciptakannya baik itu di depan rumah ataupun di belakang. Pilihan anda tentunya tergantung pada keberadaan lahan yang memungkinkan untuk dibuat taman. Misalnya anda ingin membuat taman di halaman belakang, maka anda harus memahami terlebih dahulu seperti apa sebenarnya desain taman belakang yang umum digunakan orang, baru kemudian anda bisa menirunya atau bahkan mengembangkan gaya anda sendiri.

Desain Taman Belakang dan Ukuran Luasnya

Ada pertanyaan awal yang harus diketahui jawabannya terlebih dahulu sebelum anda masuk pada gambaran umum desain taman belakang rumah mnimalis. Pertanyaan itu berkaitan dengan kenapa anda memilih taman di bagian belakang rumah, bukan bagian depan misalnya? Penyebabnya tentu saja karena kebanyakan rumah minimalis memiliki halaman sisa yang lumayan di bagian belakang. Taman yang dibangun di lahan yang terlalu sempit tentu tak akan nampak sempurna. Karena itulah pilihan bisa jatuh dengan mudah ke halaman belakang.

Baca juga : Desain Taman Minimalis untuk Rumah Minimalis Anda

Berbeda tentunya jika halaman depan rumah minimalis anda lumayan luas. Anda bisa memilih untuk membuat taman di depan rumah. Konstruksinya tentu saja berbeda karena biasanya fungsi taman pun berbeda sesuai letaknya. Untuk taman yang diletakkan di bagian belakang rumah, biasanya fungsinya adalah untuk menenangkan pikiran dari kegaduhan. Taman depan rumah lebih berfungsi sebagai bagian dari dekorasi eksterior rumah. Karena itu pembuatannya pun harus lebih teliti dengan memperhatikan kesesuaiannya dengan dekorasi rumah anda secara keseluruhan. Taman belakang lebih bebas untuk menampung segala kreatifitas anda tanpa batasan karena sifatnya juga lebih privat.

Ada baiknya jika saat menyusun rencana pembuatan desain taman belakang anda sudah memastikan berapa ukuran luasnya. Tak mungkin misalnya anda merancang taman yang hanya berukuran dua kali dua meter karena itu sama saja dengan ukuran serambi anda. taman setidaknya bisa berukuran 4 x 4 meter persegi supaya minimal anda bisa menempatkan bunga dan juga kursi dan meja misalnya untuk tempat anda menikmati keindahan desain yang anda ciptakan di sana. Masalah dana untuk pembuatan taman sebenarnya sangat fleksibel. Artinya, anda bisa membuatnya bahkan dengan dana minim.

Cara Desain Taman Belakang Rumah

Ketika anda hanya memiliki dana seadanya untuk membuat taman, maka anda bisa membuat desainnya sealami mungkin. Anda bisa membuat kolam mini ataupun menempatkan kursi yang terbuat dari kayu, meski tentunya anda harus yakin pula bahwa kursi itu tak akan mudah lapuk terkena air hujan misalnya. Biaya pembuatan taman belakang bisa jadi nantinya lebih banyak diarahkan pada dekorasinya, bukan pada konstruksinya. Dekorasi berkaitan juga misalnya dengan jenis bunga apa yang akan anda tanam di taman anda itu sendiri.

Baca juga : Atap Rumah Minimalis Cantik dan Unik

Merancang dekorasi dan desain taman belakang harus disesuaikan dengan tujuan pembuatannya. Ada sebagian orang yang menginginkan taman sebagai sekaligus tempat mereka bekerja saat di rumah. Jika tujuan anda seperti itu, tanamlah bunga yang sifatnya lembut, misalnya melati. Selain itu, akan sangat cocok jika anda menciptakan kolam kecil dan air mancur. Bunyi gemericik air akan sangat pas untuk menemani anda bekerja atau misalnya menulis. Pasanglah meja kecil dan kursi yang nyaman untuk anda duduk. Usahakan supaya ukuran taman yang kecil tidak terasa sumpek dan terlalu pepat.

Artikel Terkait untuk Desain Taman Belakang untuk Rumah Minimalis Anda