Tips Memilih Desain Interior Rumah Minimalis Sederhana

Tipsdesainrumah.com – Konsep rumah minimalis adalah memanfaatkan lahan yang sempit menjadi hunian yang nyaman dan modern. Dalam rumah minimalis, setiap ruangan didesain sedemikian rupa sehingga bisa berfungsi maksimal. Desain-desain yang diaplikasikan pada rumah minimalis adalah desain sederhana. Desain seperti ini sangat cocok untuk kaum urban yang lebih menyukai gaya yang simple dan praktis. Gaya yang sederhana ini akan terasa membosankan jika Anda tidak mampu mendesainnya dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan ide desain interior rumah minimalis yang cemerlang sehingga interior rumah tidak terasa membosankan. Kesan ruangan yang sempit juga bisa terlihat lebih lapang dengan menerapkan konsep yang tepat. Ingin tahu bagaimana tips sederhana mendesain interior rumah bergaya minimalis? Ikuti saja penjelasan singkatnya berikut ini.

Tips Desain Interior Rumah Minimalis

  1. Ciptakan Kondisi Rumah yang Bersih

Ruangan yang semrawut dan berantakan adalah faktor utama penyebab timbulnya rasa bosan. Desain interior rumah minimalis harus sederhana dan bersih. Bersih disini berarti terbebas dari properti-properti yang tidak bermanfaat. Pelan-pelan, cobalah atur barang-barang di setiap ruangan. Pastikan yang diletakkan di dalam ruangan adalah barang-barang yang bermanfaat untuk rumah tersebut. Jangan terlalu banyak menaruh hiasan dinding atau hiasan-hiasan yang tidak mendukung ruangan. Ingat, pada dasarnya, konsep yang diterapkan pada interior rumah minimalis adalah konsep sederhana. Kesan simpel ini sangat dikedepankan. Oleh karena itu, terapkan barang sesuai dengan fungsinya untuk ruangan tersebut. Barang yang tidak tertata rapi malah akan membuat Anda bosan, bahkan stress.

  1. Pilih Warna Cat Dasar Minimalis

Pilih warna cat dasar dengan karakter minimalis. Warna-warna yang lembut sangat disarankan untuk desain interior rumah minimalis. Sebaiknya, hindari juga warna-warna mencolok dan rame. Warna yang demikian malah akan menimbulkan kesan ruangan yang lebih sempit. Warna dasar yang cocok untuk rumah minimalis adalah putih, abu-abu, dan krem. Kombinasikan warna dasar dengan warna terang yang Anda sukai. Dengan demikian, ruangan akan terlihat lebih lapang. Jika Anda menyukai konsep rumah yang ramai. Anda bisa mengaplikasikan cat monokromatik. Akan tetapi, desain monokrom yang diaplikasikan tetap menggunakan satu warna dominan.

  1. Pilih Furnitur Bintang Utama

Maksud dari furnitur bintang utama adalah ada satu titik pusat yang hadir dalam suatu ruangan tertentu. Misalnya, dalam ruang keluarga, Anda bisa meletakkan sofa kesayangan Anda sebagai titik pusat. Pilihlah sofa yang bergaya simpel. Padukan dengan furnitur lainnya yang memiliki konsep atau warna yang senada. Lalu, untuk interior kamar, jadikan ranjang adalah pusat furnitur dalam kamar. Sebagai penghiasnya, Anda bisa meletakkan furnitur tambahan seperti meja belajar yang memiliki fungsi ganda sebagai lemari pakaian. Untuk desain interior rumah minimalis sederhana, gunakan konsep-konsep semacam ini.

Desain Interior Rumah Minimalis

Demikian adalah beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk rumah Anda. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, rumah minimalis menuntut kesederhanaan ruangan. Semua ruangan harus didesain dengan rapi dan bersih sehingga menimbulkan kenyamanan kepada penghuninya. Pengelompokan ornamen-ornamen dalam setiap ruangan harus benar-benar terorganisir. Rencana desain interior rumah minimalis memang harus dipikirkan dengan matang. Hal ini disebabkan oleh furnitur interior rumah bergaya minimalis sangat berbeda dengan rumah pada umumnya. Desain multifungsi sangat diutamakan sehingga menghemat pemakaian ruangan. Demikian adalah sedikit ulasan mengenai interior rumah minimalis. Nantikan informasi menarik lainnya hanya di sini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait untuk Tips Memilih Desain Interior Rumah Minimalis Sederhana